PBX (private branch exchange)





Pengertian PBX

     PBX atau private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yeng melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik . PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN - public switched telephone network) melalui trunk , yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office) . Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal lain.
     PBX dibedakan dari 'sistem kunci' yang di lakukan pengguna secara manual ketika ia menekan nomor tujuan , maka dari itu secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna . System ini disebut Hybrid System.


Fungsi Kerja PBX 

-Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon dengan menggunakan nomer yang di tuju.
-Menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.
-Menjaga sambungan selama menggunakan telepon.
-Mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon.
-Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)

Tipe-tipe PBX
   Tipe-tipe PABX tersebut antara lain adalah:

1. PABX Analog
    Tipe ini biasanya hanya bisa berfungsi pada pesawat telepon biasa seperti telepon rumah. Fitur yang tersedia pada PABX analog juga lebih sederhana. Dikarenakan kesederhanaanya, PABX Analog banyak digunakan. Untuk saat ini ada 9 Model Votel PABX / Analog PABX yang beredar di pasaran.
2. PABX Digital
     PABX digital merupakan PABX yang menggunakan pesawat digital sebagai ekstensionnya. Untuk itu, fitur yang dimiliki oleh PABX ini lebih beragam seperti conference call, flexible button, dan lain sebagainya.
3. IP PABX/VoIP PABX
     IP PABX merupakan salah satu jaringan komunikasi masa depan atau yang biasa dikenal sebagai NGN (Next Generation Network). Pasalnya, sistem ini mencakup perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP).
Pengguna IP PABX bisa melakukan panggilan telepon atau mengalihkan panggilan telepon dengan sesama pengguna VoIP atau telepon biasa. Atau jika kantor anda memiliki telepon tradisional, pengguna tetap sama-sama bisa melakukan hal tersebut.
4. Hybrid PABX
     Berbeda dengan PABX Analog yang hanya bisa menangani telepon rumah biasa, PABX Hybrid ini bisa menggunakan telepon digital dan juga analog pada port-extensionnya. Hal ini membuat PABX Hybrid lebih fleksibel untuk digunakan.
Mengenal PABX Hybrid memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan PABX analog atau digital. PABX Hybrid mampu mendukung panggilan VoIP dengan menggunakan infrastruktur komputer, PABX Hybrid sudah menggunakan kabel UTP untuk sambungannya, PABX Hybrid bisa tersambung secara langsung ke dalam internet. Selain itu, PABX Hybrid juga mendukung tersambungnya koneksi antara 2 telepon tanpa perlu membutuhkan kabel dalam jumlan yang cukup banyak.

3. Foto foto pbx
 Hasil gambar untuk pbx               
Gambar terkait
 Hasil gambar untuk pbx
Cara kerja server softswitch dengan pbx

       Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.


Konsep ekstensi dan dial-plan server softswitch

 -Extension adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang sama.

-Priority biasanya berupa angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang akan dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension. Setelah  prioritas 1 di jalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan. Jika ternyata perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.

-Command atau perintah adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk.

-Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter,  beberapa perintah dapat dijalankan tanpa
parameter.

-Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Dial Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf. Secara umum, setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-register ke Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.



Cara konfigurasi ekstensi dan dial-plan server softswitch pada asterix

Konfigurasi ekstensi server softswitch pada asterix

;softphone (nama atau nomor account)
[101] (user/extension)
type=friend (tipe account)
username=101 (login account)
secret=101 (password account)
host=dynamic (host yang menjadi IP PBX,dapat berubah)
nat=no (tanpa NAT)
dtmfmode=rfc2833 (RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals)
allow=all (mode codec, bisa semua jenis codec)
callerid=”sip00” (id client)
context=tkj (context jaringan user)
canreinvite=no (mekanisme canreinvite)
mailbox=101@tkj (username@contex)

Konfigurasi dial-plan server softswitch pada asterix

Dial antar ekstensi pada IP-PBX
[voipkn]  -->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context ‘voipkn’
exten =>101,1,Dial(SIP/101,20)  -->> Dial ext 101 dengan protokol  SIP, time out 20 detik
exten =>101,2,Hangup  -->> setelah timeout dilakukan hangup
exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)
exten =>102,2,Hangup



Menjelaskan dan cara instalasi session initial protocol (SIP)

Penjelasan SIP (session initial protocol)

  SIP adalah suatu signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi suara, video, atau text. SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan fondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP ( Real Time Tr ansport Protocol ) untuk transfer data secara real - time , dengan SDP ( Session Description Protocol ) untuk mendeskripsikan sesi multimedia, dengan MEGACO ( Media Gateway Control Protocol ) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Meskipun demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protokol tersebut. SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang digunakan.

Instalasi SIP

   Sebetulnya tidak banyak yang harus di instalasi untuk menjalankan Asterisk secara minimal sekali, yang hanya mempunyai fungsi untuk Authentikasi user dengan nomor telepon & password.
l     Peralatan yang dibutuhkan adalah
l  - Sebuah PC Linux, saya sendiri menggunakan Fedora Core 6.
l  - Sambungan LAN
l  - Sambungan Internet

INSTALASI ASTERISK

Pada saat tulisan ini ditulis ada dua (2) jenis / versi asterisk, yaitu,
       asterisk-1.4.0.tar.gz
       asterisk-1.2.15.tar.gz
Anda harus memilih versi asterisk mana yang ingin di install. Mungkin yang agak aman pada hari ini adalah versi 1.2, kecuali nanti pada saat 1.4 sudah mulaistabil. Semetara suara operator wanita yang dibutuhkan adalah
                                              asterisk-sounds-1.2.1.tar.gz
l  Saya biasanya akan mengcopykan semua file yang saya butuhkan tersebut ke folder /usr/local/src, melalui perintah
                        # cp asterisk-1.4.0.tar.gz /usr/local/src/
                        # cp asterisk-1.2.15.tar.gz /usr/local/src/
                        # cp asterisk-sounds-1.2.1.tar.gz /usr/local/src/
l  Menginstalasi asterisk tidak sukar, cara yang perlu dilakukan untuk asterisk-1.4 agak berbeda dengan asterisk-1.2 sebelumnya dengan menambahkan ./configure, yaitu
                        # cd /usr/local/src
                        # tar zxvf asterisk-1.4.0.tar.gz
                        # cd asterisk-1.4.0
                        # ./configure
                        # make
                        # make install
                        # make samples
l  Asterisk-1.2.15 merupakan versi terakhir dari asterisk-1.2 pada saat naskah ini ditulis, perintah yang perlu dijalankan untuk menginstalasi adalah
                        # cd /usr/local/src
                        # tar zxvf asterisk-1.2.15.tar.gz
                        # cd asterisk-1.2.15
                        # make
                        # make install
                        # make samples
l  Selanjutnya install suara operator asterisk, melalui perintah
                        # cd /usr/local/src
                        # tar zxvf asterisk-sounds-1.2.1.tar.gz
                        # cd asterisk-sounds-1.2.1
                        # make install

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VoIP ( Pengertian VoIP, Kebutuhan perangkat VoIP, Konsep kerja Server Softswitch, Diagram VoIP, dan Proses kerja dalam komponen diagram VoIP)